Mata kuliah : Psychology & Profession Ethics
Program : All Programs
SKS / Semester : 2 / IV
A. Tujuan Umum :
1.
Warga belajar memiliki motivasi dan dasar-dasar etos kerja yang baik
dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Warga belajar mampu menerapkan sikap profesional yang berlaku dalam
lingkungan masyarakat, dan lingkungan bisnis, dan mampu mengaplikasikan
etika profesi dalam dunia kerja secara profesional.
B. Referensi :
1. Psikologi Kerja, oleh Pandji Anoraga, S.E. M.M. Penerbit Rineka Cipta.
2. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, oleh Ir. Endar Sugiarto, M.M. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
3. Etika Bisnis, oleh Sonny Keraf, Penerbit Kanisius.
4. Business and Society, oleh Archie B. Carrol, South Western College Publiching.
5. Ethics and The Conduct of Business, John R. Boatright, Prentice Hall.
6. Etika Bisnis, oleh Sondang Siagian, Penerbit Pustaka Binaman Presindo.
C. Media :
1. Note Book
2. L C D
3. White board
1. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami pengertian psikologi secara umum.
Pokok Bahasan : Pengantar Psikologi
Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian psikologi.
2. Psikologi secara umum.
3. Syarat untuk sukses.
4. Kasus PHK.
5. Kuda tunggangan.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
Evaluasi :
1. Kehadiran 10 %.
2. Formatif dan tugas 20 %.
3. Perilaku 10 %.
4. Ujian Tengah Semester 25 %.
5. Ujian Akhir Semester 35 %.
2. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami tentang pentingnya kerja sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan dan mempunyai motivasi bekerja yang baik.
Pokok Bahasan : Hakekat Kerja
Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian kerja.
2. Etos kerja.
3. Mitos kerja
4. Motivasi kerja
5. Keselamatan kerja.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami dan mengaplikasikan arti disiplin dan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja.
Pokok Bahasan :
Displin, efisiensi dan efektivitas kerja, dan produktivitas kerja.
Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian disiplin kerja ( langkah-langkah mendisiplikan diri ).
2. Pengertian efisiensi dan efektivitas kerja ( eifisiensi waktu, biaya, dan tenaga ).
3. Produktivitas kerja ( faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja dan tahapan menuju produktivitas kerja ).
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
4. Studi kasus.
4. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami gejala konflik dan stress dalam bekerja serta dapat mengendalikannya.
Pokok Bahasan : Konflik dan Stress Kerja
Sub Pokok Bahasan :
1. Ketegangan kerja.
2. Keterasingan kerja.
3. Konflik kerja.
4. Stress kerja.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
5. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kepuasan kerja, kegairahan kerja, dan keamanan kerja.
Pokok Bahasan : Kepuasan Kerja
Sub Pokok Bahasan :
1. Kepuasan kerja.
2. Kegairahan kerja.
3. Keamanan kerja.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
4. Studi kasus.
6. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami pentingnya profesionalisme dalam bekerja dan hubungannya dengan karier dalam bekerja.
Pokok Bahasan : Karier Kerja
Sub Pokok Bahasan :
1. Membina karier.
2. Komunikasi dengan rekan kerja dan atasan.
3. Membangun kesan positif.
4. Profesionalisme
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
7. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat merangkum materi-materi yang telah dipelajari.
Pokok Bahasan : Review Materi
Sub Pokok Bahasan :
Metode Pengajaran :
8. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami motif dan type pelanggan sehingga dapat menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.
Pokok Bahasan : Psikologi Pelayanan terhadap Pelanggan
Sub Pokok Bahasan :
1. Motif pelanggan.
2. Penampilan dan harga diri pelanggan.
3. Macam-macam type pelanggan.
4. Menciptakan hubungan dengan pelanggan.
5. Visi perdagangan bebas era globalisasi dalam produk dan jasa pelayanan.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
9. Tujuan Khusus :
Warga
belajar memahami karakter pelanggan sehingga dapat dengan mudah
menentukan bentuk pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
Pokok Bahasan : Mengenal Karakter Pelanggan
Sub Pokok Bahasan :
1. Dasar=dasar pelayanan pelanggan.
2. Karakter pelanggan.
3. Pelayanan yang tidak diberikan kepada pelanggan.
4. Melayani pelanggan lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
10. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat memahami pengertian etika dan perbedaannya dengan etiket, klasifikasi, dan konsepsinya.
Pokok Bahasan :Pengertian Etika
Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian etika.
2. Konsepsi etika.
3. Etika terapan ( etika umum, etika khusus ).
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
11. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami tentang nilai-nilai dasar dalam etika.
Pokok Bahasan : Nilai-nilai Dasar dalam Etika
Sub Pokok Bahasan :
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
12. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami prinsip etika profesi dan ciri-ciri seorang yang profesional dalam bekerja.
Pokok Bahasan : Etika Profesi
Sub Pokok Bahasan :
1. Prnsip etika profesi.
2. Pengertian profesi.
3. Ciri profesi.
4. Kode etik.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
13. Tujuan Khusus :
Warga belajar memahami tanggung jawab sosial dalam dunia bisnis.
Pokok Bahasan :Tanggung Jawab Sosial Dunia Bisnis
Sub Pokok Bahasan :
1. Etika moral.
2. Tanggung jawab moral dunia usaha.
3. Tanggung jawab terhadap konsumen.
4. Tanggung jawab terhadap lingkungan.
5. Tanggung jawab terhadap masyarakat.
6. Tanggung jawab terhadap masa depan bangsa.
Metode Pengajaran :
1. Presentasi.
2. Diskusi.
3. Penugasan.
14. Tujuan Khusus :
Warga belajar mampu menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan etika profesi.
Pokok Bahasan :Studi Kasus
Sub Pokok Bahasan : Studi kasus.
Metode Pengajaran : Studi kasus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar